22 Maret 2010

Tan Nunggal di Singkirkan

Bagaimanapun merajalelanya kezaliman yang ada dilakukan oleh manusia pasti mempunyai keterbatasan. Kekuasaan yang tidak manusiawi pasti akan berakhir dan hancur dengan cara yang paling menggenaskan. Lengkap sudah penderitaan rakyat yang dialami selama pemerintahan Tan Nunggal. Secara rahasia mereka berhubungan dengan Artaqhan yaitu putera mahkota yang disingkirkan oleh Tan Nunggal .Mereka bermeteng digua Piantus mencari kesempatan terbaik untuk melenyapkan / menyingkirkan Tan Nunggal .
Dengan diam-diam para menteri memperhatikan gerak-geriknya serta mencari titik kelemahan yang dia miliki. Perlu juga para pembaca ketahui disini bahwa pada jaman dahulu di Sambas kalau orang itu sudah diberi dengan gelar Tan bahwa orang tersebut tahan terhadap senjata tajam alias kabbal dan mahir dalam menggunakan segala jenis senjata tajam seperti pedang, kelewang, tombak, trisula, panah, dan perkelahian tangan kosong ........ Akhirnya Tuhan menunjukan jalan kepada mereka yaitu titik lemah yang ada pada Tan Nunggal . Ketika itu ia mengidap penyakit Gane / untut yaitu sejenis penyakit yang bengkak pada kaki dan tidak dapat berjalan . Nah ketika itulah kesempatan terbaik yang dimamfaatkan para menterinya untuk menyingkirkan nya dari singgasana .


Para menteri berpendapat bahwa nasib buruk rakyat harus segera diakhiri dari cengkraman kekejaman Tan Nunggal. Tan Nunggal harus disingkirkan / dibunuh .Bak kata pepatah “Bulat Air Karena Pembuluh, Bulat Kata Karena Sepakat “ Artaqhan pun mendapat dukungan dari seluruh Menteri untuk menyingkirkan Tan Nunggal . Maka diutus empat menteri untuk menemui Tan Nunggal yang sedang berbaring tak berdaya .Adapun empat menteri yang diutus itu adalah pertama datok Galah disebabkan karena badannya yang tinggi macam nak galah langkahnye yang panjang kalau beca-cak / lari . Kedua datok Angap disebabkan walaupun Ndaan keraje tetap angap-angap macam orang abis lari dikatjarkan hantu .Ketiga datok Kappak disebabkan macam orang yang selalu kepayahan atau kekappak-an macam nak habis parang . Keempat datok Gobar karena pembawaan dan tingkah lakunya yang selalu menakut-nakuti orang lain . Dengan pembawaan nye masing-masing keempat menteri tersebut menghadap Tan Nunggal . Disampaikan berita bahwa negeri diserang oleh musuh, pertempuran sedang berkecamuk. banyak rakyat yang terkorban dan mengalami kekalahan total . Demikianlah laporan keempat menteri tersebut yang mana hanya merupakan siasat belaka .

Tan Nunggal mendengar berita tersebut dan melihat keadaan menterinya menjadi bingung dan dengan segera diperintahkan supaya dirinya dibawa jauh-jauh dari Istana . Keempat menteri tersebut tidak menyia-nyiakan peluang yang berharga ini . Mereka telah menyiapkan sebuah perahu dan keranda ( peti persegi panjang ) dari kayu belian yang mana Tan Nunggal dimasukan kedalamnya dan ditutup rapat agar tidak terlihat oleh musuh ( siasat dari empat menteri tersebut ). Didalam perahu ditempatkan pula beberapa tempurung kelapa yang ditelungkupkan dan diberi air agar berbunyi nyaring ketika perahu berjalan nanti . Demikianlah nasib Tan Nunggal sekarang berada ditangan para menterinya sendiri .

Perahu dikayuh dengan cepat menuju kehilir sungai, sekali-kali terdengar bunyi tempurung kelapa yang mereka telungkupkan itu. Tan Nunggal selalu bertanya :Suara apa itu wahai para menteri ? Itulah suara meriam musuh yang sedang menghampiri Istana Tuanku ; jawab dari datok Gobar . Tan Nunggal pun memerintahakan agar mendayung lebih cepat lagi dan kalau sudah sampai ketempat tujuan supaya dirinya ditinggalkan saja .Sampai disebuah sungai kecil yaitu kuale sabung keranda Tan Nunggal pun diturunkan dengan kayu penahan kiri dan kanan agar supaya keranda tidak goyang. Keranda tersebut hanyut menuju kelaut dan dalam perjalanannya keranda tersebut menabrak sebuah tebing yang rusak total .Sampai sekarang tebing yang dilanggar oleh keranda Tan Nunggal itu dinamakan dengan Tebing Rubboh . Demikianlah akhir dari hidup Tan Nunggal mati lemas didalam peti pada tahun 1345 .

1 komentar:

  1. ade cerite yg mengatekan bahwe tan nunggal tenggelamnye di muare ulakkan. sehingge aeknye beputar yg menunjukkan kekuatan tan unggal iye

    BalasHapus

tolong berikan komentar anda di sini